Benua Eropa

Benua Eropa, juga disebut sebagai Eropa daratan atau secara sederhana Benua, ialah benua Eropa, yang secara eksplisit tak termasuk pulau-pulau dan semenanjung di kawasan Eropa.[1] Khususnya, dalam penggunaan bahasa Inggris Britania, istilah yang berarti Eropa tak termasuk Britania Raya, Pulau Man, Irlandia dan Islandia. Sebuah definisi umum atas "Benua Eropa" ialah massa tanah Eropa tak termasuk Britania Raya, Irlandia, dan Islandia. Namun, di daerah lain di Eropa terdapat berbagai perbedaan gagasan tentang cakupan istilah ini.
Meskipun demikian, istilah yang nampak menjadi masalah sederhana ini memiliki percabangan sosial-politik. Beberapa definisi benua Eropa termasuk negara Transkaukasia di Georgia dan Armenia - yang kebanyakan Kristen - dengan mengeluarkan negeri Muslim seperti Azerbaijan dan Turki.[2]
Benua Eropa merupakan benua terluas kelima setelah Asia, Amerika, Afrika & Antartika. Jumlah penduduknya mencapai > 799.466.000 jiwa.[3] Wilayah dengan penduduk terpadat adalah Eropa Timur. Mayoritas masyarakat Eropa termasuk kedalam Ras Kaukasoid (manusia berkulit putih & berambut pirang). Hal ini menjadi ciri khas Benua Eropa yang membedakannya dengan benua lain.
Berkas:Continental-Europe-map.png

 

a . Letak, Luas, dan Batas

Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. Bahkan dapat dikatakan bahwa Benua Eropa adalah semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural.
Secara geografis, Eropa sebenarnya bukanlah suatu benua, namun dari kemajuan budaya dan peranannya yang menonjol, maka Eropa dapat berdiri sendiri sebagai suatu kawasan benua.
Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara ± 10° BB - 59° BT dan ± 71° LU - 35° LU, sehingga seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara. Luas wilayahnya mencapai ± 10.355.000 km² (± 6,5 % luas wilayah daratan dunia) dengan batas-batas wilayah berikut ini.
1) Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
2) Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia.
3) Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan negara Turki.
4) Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

b. Kondisi Fisik

Eropa merupakan satu-satunya benua yang tidak memiliki wilayah gurun. Jika dilihat dari bentuk wilayahnya, maka benua ini dicirikan dengan bentukan alam semenanjung yang tersebar di tiga wilayah utama, yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian Utara, Semenanjung Siberia di bagian Barat, dan Semenanjung Italia di bagian Selatan. Kondisi fisik yang lain akan diuraikan berikut ini.
1 ) Iklim
Eropa merupakan benua yang terletak di lintang tinggi, sehingga terletak di kawasan beriklim sedang hingga dingin, bahkan ada wilayahnya di bagian Utara yang telah masuk lingkaran Kutub Utara. Keadaan tersebut menyebabkan Eropa mempunyai kondisi iklim berikut ini.
a) Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yang mengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.
b) Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering.
c) Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yang panas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat.
d) Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin.
2 ) Gunung dan pegunungan di Eropa
Wilayah pegunungan di Eropa terdapat di bagian semenanjung-semenanjungnya yang dibedakan atas pegunungan tua di kawasan Utara dan pegunungan lipatan muda di kawasan Selatan.
Pegunungan di Eropa, yaitu gugusan pegunungan tua di Norwegia yang membentang dari Utara ke Selatan dengan puncak tertinggi Gunung Galdhopiggen (2.470 m), Pegunungan Alpen di kawasan Mediterania dengan puncak tertinggi di Mount Blanc (4.808 m), Pegunungan Kaukasus di sebelah Selatan dengan puncak tertinggi di Gunung Elbrus (5.633 m), dan Pegunungan Ural di sebelah Timur yang merupakan batas alam antara Benua Eropa dengan Benua Asia. Gunung-gunung di wilayah Benua Eropa pada umumnya masih aktif, namun tidak terlalu tinggi, dan puncaknya diselimuti salju.
3 ) Sungai dan danau di Eropa
Sungai-sungai di Eropa pada umumnya dijadikan sebagai batas alam antarnegara, seperti Sungai Rhein (1.320 km) yang menjadi batas alam negara Swiss, Liechtenstein, Austria, Prancis, dan Jerman. Selain itu, terdapat juga Sungai Elbe dan Dapude di Jerman, Sungai Loire dan Sungai Ruhr di Prancis, serta Sungai Uber dan Sungai Weiche di Polandia.
Sungai-sungai tersebut pada umumnya berhulu di Pegunungan Alpen dan bermuara di Laut Baltik dan Laut Utara. Adapun persebaran danau di kawasan Eropa banyak dijumpai di kawasan Utara, seperti Danau Vattern, Danau Vanem, Danau Hyalmaren, Danau Stasyon di Swedia, Danau Orevesii, Danau Paulavesi, Danau Ouluyami, Danau Inari di Finlandia, Danau Onega, dan Danau Ladoga di Rusia.
4 ) Flora dan fauna di Eropa
Flora dan fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan flora dan fauna yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh di kawasan ini, adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang meluruhkan daunnya di musim gugur.
Jenis flora yang lain adalah pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun. Adapun fauna khas yang hidup di Eropa adalah rusa, beruang kutub, serigala, ikan tuna, dan ikan haring.

Karakteristik Benua Eropa

Benua Eropa memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Eropa.
1) Benua Eropa memiliki banyak fyord di kawasan Utara (Skandinavia).
2) Benua Eropa mayoritas penduduknya tinggal di daerah perkotaan.
3) Benua Eropa merupakan benua pertama yang telah menerapkan sistem mata uang tunggal, yaitu Euro.
4) Benua Eropa dilalui garis bujur 0° sebagai awal perhitungan waktu dunia.
5) Di Benua Eropa terdapat wilayah rawa terluas, yaitu Rawa Pripet (± 46.950 km²) di perbatasan Belarusia - Rusia.
6) Benua Eropa memiliki lima negara terkecil di dunia, yaitu Liechtenstein, Andora, Monaco, San Marino, dan Vatikan.
7) Di Benua Eropa terdapat negara-negara pelopor kolonisasi dan penjelajahan samudra, seperti Inggris, Portugal, Spanyol, Prancis, dan Belanda.
8) Benua Eropa memiliki pusat bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris.
9) Benua Eropa memiliki bangunan-bangunan keajaiban dunia, seperti menara Eiffel di Prancis, menara Pisa, dan Colosseum di Italia.

Perbatasan

Utara Laut Berents & Laut Norwegia
Selatan Benua Afrika & Laut Mediterania
Barat Samudra Atlantik
Timur Benua Asia

Ciri-Ciri Geografis

Dataran Rendah
Wilayah ini meliputi dua pertiga wilayah total Eropa. Dataran rendah membentang dari barat ke timur & dikelilingi oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen & kawasan Skandinavia Timur.
Daran Tinggi
Wilayah ini terletak pada bentang alam semenanjung (tanjung yang luas), yaitu di Semenanjung Skandinavia (Eropa Utara), Semenanjung Siberia (Spanyol & Portugal), Semenanjung Italia (Appenina) & Semenanjung Balkan (Yunani).
Jalur Pegunungan Lipatan
Wilayah ini terdiri atas Pegunungan Alpen, Pegunungan Ural & Pegunungan Kaukasus. Ketiga pegunungan ini merupakan bagian dari sistem Pegunungan Sirkum Mediterania.

Iklim

  • Iklim Sedang yang Dipengaruhi Lautan
Tersebar di kawasan pantai barat & kepulauan Inggris.
  • Iklim Sedang yang Dipengaruhi Daratan
Tersebar di kawasan pedalaman bagian barat & timur Eropa.
  • Iklim Sub-Arktik
Terdapat di kawasan Eropa Utara dekat garis lingkaran Kutub Utara.
  • Iklim Mediteran
Terletak di Eropa Selatan dekat Laut Mediterania.

Flora & Fauna

Wilayah Eropa dulunya merupakan hutan yang luas sehingga berbagai tipe hutan dapat ditemui di sini. Hutan Talga di wilayah Skandinavia yang didominasi tumbuhan berdaun paku/konifer seperti pinus & cemara, hutan gugur di Eropa Barat & tundra di wilayah yang bersuhu dingin. Fauna yang dapat ditemui seperti beruang hitam, serigala, tupai, rusa, dll.

Suku Bangsa

  • Nordik
Suku bangsa Nordik memiliki ciri-ciri bermata biru & berambut sangat pirang. Mereka tinggal di wilayah utara, yaitu Jerman, Belanda, & Semenanjung Skandinavia.
  • Alpina
Suku bangsa Alpina memiliki ciri-ciri yaitu bermata cokelat & berambut pirang. Mereka tinggal di wilayah tengah, seperti Perancis, Swiss & Belgia.
  • Mediteran
Suku bangsa Mediteran memiliki ciri-ciri bermata agak kecokelatan & berambut hitam bergelombang. Mereka tinggal di Italia, yunani, & Spanyol.
  • Dinara
Suku bangsa Dinara memiliki ciri-ciri berambut gelap. Mereka tinggal di Rumania.
  • Slavia
Suku bangsa Slavia memiliki ciri-ciri bermata abu-abu atau biru & berambut pirang keputih-putihan. Mereka tinggal di Bulgaria, Rusia, Slovakia & Yugoslavia.
 

Ekonomi

Negara-negara di Eropa tergolong negara maju. Kegiatan ekonomi di Benua Eropa didominasi oleh industri & jasa. Perancis, Jerman, Finlandia, Rusia & Inggris merupakan negara-negara penting industri negara. Meski demikian, bidang pertanian tetap mendapat perhatian. Lebih dari sepertiga anggaran Eropa terpakai di bidang pertanian. Hasil utama berupa gandum, barley & buah-buahan. Di bidang peternakan menghasilkan susu, daging potong, keju & mentega. Sektor perikanan terutama diusahakan di negara-negara Skandinavia.(Sumber: Geografi Untuk SMP & MTs IX karya Wirastuti Widyamanti & Dini Natalia)
Untuk mempererat & mempermudah hubungan perdagangan antar negara Eropa, maka dibuatlah suatu mata uang pengganti yang dapat digunakan di seluruh wilayah Eropa. Mata uang tersebut disebut Euro. Mata uang ini resmi digunakan di Eropa tanggal 1 Januari 2002. (Sumber: Pengetahuan Sosial Geografi SMP untuk Kelas IX karya Sri Hayati, Enok Maryani, & Murnaria Manalu)





 

0 komentar:

Poskan Komentar